Senin, 13 Desember 2010

GAMBARAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR TENTANG KANKER PAYUDARA


GAMBARAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR TENTANG KANKER PAYUDARA DI PUSKESMAS GARUDA KOTA BANDUNG TAHUN 2008
V Bab + 56 halaman + 6 tabel +  3 bagan + 2 gambar + 15 lampiran
          Menurut  data WHO setiap tahun jumlah penderita kanker payudara bertambah sekitar 7 juta. Survai terakhir menunjukan setiap 3 menit di temukan penderita kanker payudara dan setiap 11 menit di temukan seorang wanita meninggal akibat kanker. Namun angka kematian akibat kanker ini sebenarnya bisa dikurangi 3-35 persen, asal dilakukan tindakan prevelensi, screening dan deteksi dini. Misalnya dengan melakukan SADARI 1 bulan sekali setelah haid.
            Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan wanita usia subur tentang kanker payudara di puskesmas garuda kota bandung tahun 2008 meliputi pengertian, faktor resiko, gejala, pencegahan, dan pengobatan kanker payudara di Puskesmas Garuda Kota Bandung Tahun 2008.
            Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita usia subur yang datang ke Puskesmas Garuda sebanyak 1345 wanita usia subur. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan alat ukur berupa angket, dengan uji validitas instrumen pengetahuan menggunakan dichotomous serta uji reliabilitas pengetahuan menggunakan KR-20. Dengan hasil uji validitas semua valid dengan nilai reliabilitas 0,818 dinyatakan reliable. Analisa yang di gunakan adalah analisa univariat dengan persentase.
            Hasil penelitian di dapatkan 76 orang (80,9%) berpengatahuan baik mengenai pengertian,71 orang (75,5%) berpengetahuan kurang mengenai faktor resiko, 69 orang (73,4%) berpengatahuan baik mengenai gejala, 51 orang (54,3%) berpengetahuan baik mengenai pencegahan sedangkan 57 orang (60,6%) berpengetahuan baik mengenai pengobatan kanker payudara.
            Kesimpulan dari hasil penelitian ini di harapkan wanita usia subur dapat meningkatkan lagi pengetahuan tentang kanker payudara serta dapat melakukan pencegahan dini seperti melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setiap 1 bulan sekali sesudah menstruasi sebagai salah satu usaha untuk menurunkan angka kejadian kanker payudara.


Kata Kunci      : Pengetahuan, kanker Payudara.
Daftar Pustaka : 13 (1979-2008), 4 artikel.

0 comments: