Kamis, 02 Desember 2010

Mengatasi Jerawat Anda

Pernahkah anda melakukannya dan mengalaminya apa yang terlihat pada gambar tersebut. Saya data tentunya 99,99999 % pernah mengalaminya dan itu membuat jengkel, apalagi keesokan harinya ada acara penting untuk kita.
Mari kita bahas sama-sama.
Jerawat (bahasa Inggris: acne) adalah penyakit kulit yang terjadi akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan peradangan menahun dan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyakit ini umumnya terjadi pada masa remaja dan dapat sembuh sendiri. Selain menimbulkan bekas jerawat, hal lain yang ditakutkan adalah dapat membuat orang tersebut tidak percaya diri atau depresi. Jerawat biasa terdapat di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada dan punggung.
Penyebab Jerawat Muncul

Produksi Minyak Berlebihan
Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.
Sel-Sel Kulit Mati
Umumnya, jerawat dsebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sebum yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.
Bakteri
Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak didalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawatbatu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen
Tipe-Tipe Jerawat
  • Komedo.
Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.
  • Jerawat biasa.
Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembab, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.
  • Jerawat Batu (Cystic acne).
Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki:
  1. Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
  2. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
  3. Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit
Cara Mengatasi Jerawat
Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang biasa menyerang wajah. Menangani jerawat tidak boleh sembarangan. Secara umum, prinsip perawatan kulit wajah sebagai berikut.
Pada prinsipnya jerawat muncul karena kriteria di bawah ini:
  • Pola hidup, saya ambil contoh: seringnya memakan goreng-gorengan, mie rebus yang berlebihan, jarang mencuci muka dengan baik, sering tidur malam lebih dari jam 22.00 WIB,
  • Stress, stres bisa menimbulkan jerawat karena adanya rangsangan yang berlebihan,
  • Kosmetik, ketidak cocokkan pada suatu kosmetik, sering berganti-ganti kosmetik,
  • Kulit sensitif, saya ambil contoh kulit yang sensitif contohnya pada laki-laki apabila memakai minyak rambut maka dapat menimbulkan jerawat, karena minya rambut merupakan crem yang dibuat secara emulsi (campuran minyak dan air) sehingga akan lebih banyak minyak dan secara tidak langsung dapat diserap oleh wajah, sehingga produksi minyak pada wajah berlebihan.  
demikian, nah mari kita lihat bagaimana cara mengatasinya... saya tidak mewajibkan disini saya menyarankan, apabila jerawat anda muncul secara berlebihan dan menimbulkan bekas-bekas bintik-bintik hitam saya memiliki rekomendasi obatnya:
Medi-Klin TR 
KOMPOSISI: 
(Clindamycin phosphate 1,2%, Treiinotn 0,025%)
GEL
Harga Per Satuan Terkecil: Rp30,250.00
CARA KERJA OBAT:
Tretinoin bekerja dengan mengeliminasi peningkatan keratinisasi dan penebalan epitel folikel dengan cara mempercepat petgantian sel.Clindamycin phosphate bekerja dengan menghambat produksi enzim dan inflamasi atau faktor aktivasi oleh P.acnes pada sebum.
CARA PEMAKAIAN:
Sebelum memakai obat ini, cuci tangan anda dengan bersih kemudian basuhlah muka anda dengan air hangat. kemudian oleskan crem/obat ini pada benjolan jerawat anda. Gunakan Obat ini 2 x 1 atau sebaiknya cukup 1 x1 yaitu pada malam hari, mau anda tidur. jangan malam-malam tidurnya ya. Nanti malah sia-sia obatnya.

FACE SUNBLOCK CREAM
SPF-33
KOMPOSISI :
Octyl methoxycinnamate, Oxybenzone, Microtitanium dioxide, Methyl benzilidene camphor, Butyl methoxy DIBENZOIL methane.cetil alcohol,tocopherol acetate,red ion oxide,Cl No. 77492, Sodium lauryl sulphate, Propyl paraben, Methyl paraben, Aloe vera, Purified water.
Harga Per Satuan Terkecil: Rp42,350.00
CARA PEMAKAIAN :
Sebelum bepergian keluar kena sinar matahari, oleskan krim tipis-tipis pada bagian kulit yang akan dilindungi. Pastikanlah bahwa seluruh kulit tersebut telah tertutupi dan bilamana perlu ulangi pemakaian untuk memastikan suatu perlindungan yang cukup. Hilangkan krim pada waktu malam hari dengan memakai krim/susu pembersih atau dengan sabun dan air dan pakailah kembali waktu pagi hari.
ini memang sanblok, namun obat ini membantu penyembuhan kulit anda yang berjerawat dan berminyak tentunya.
Perhatiaan.
  1. Saya disini bukan berjualan ya, cuman menawarkan ilmu. mudah-mudahan dapat terobati.
  2. Pemakaian Clindamycin phosphate pertama kali memang sedikit panas. 





6 comments:

Anonim mengatakan...

nice tips.tapi, apa beda mediklin yg bungkusnya warna ungu dengan yg orange?

cindy mengatakan...

obatnya dua2nya bisa dibeli di apotek gak? harus dgn resep dokter atau tidak? thanks :)

Suci mengatakan...

Bantu jawab ya ..
Cream nya itu bisa d beli apotik dan d jual bebas..
cream Yg warna ungu itu mediklin untuk obat jerawat
Sedangkan yg orange itu sunblock..

Life is Journey mengatakan...

Saya pakai yg ungu dan oranye... Saya baru pakai..adiksaya baru seminggu pakai mukanya udh mulus... Saya jdi harus rajin pakai deh

heymarchy mengatakan...

Yg orange dosisnya lebih tinggi untuk jerawat yg membandel,diapotik ada (bantu jawab)

AnzieGIE Blog mengatakan...

all semua : sebelumnya minta maaf.. untuk anjuran pemakaian obat tersebut sebaiknya dikonsultasikan ke dokter namun untuk pengalaman saya jerawat yang membandel biasa dipakai krim tersebut anjuran pemakaian hanya malam hari, karena pada pagi hari adanya debu (aktifitas berlebih),untuk pemakain dipagi hari kulit yang berjerawat dianjurkan pemakain sunblock (khususnya kulit yang berminyak).