Rabu, 07 April 2010

Metode Penelitian (KTI)

Metode Penelitian dalam menyusun KTI.... for BIDAN


METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Desain Penelitian

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang di lakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif (Notoatmodjo, 2002).

3.2 Variabel Penelitian

Variabel dalam penelitian ini adalah (judul KTI anda) sebaiknya untuk memudahkan dalam perhitungan dan penelitiaan gunakan kata Gambaran dan menggunakan 1 variabel dengan jumlah sampel sedikit (100 misalkan).

3.3 Populasi dan Sampel

3.3.1 Populasi

Populasi adalah seluruh objek penelitian atau objek yang di teliti (Notoatmodjo, 2005) populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang sasaranya pada ibu hamil trimester tiga yang datang ke Puskesmas .............. sebanyak ................ orang pada periode .....................

3.3.2 Sampel

Sampel adalah bagian dari populasi (Notoatmodjo, 2005) sedangkan menurut Arikunto 2002 sampel adalah bagian atau wakil popolasi yang di teliti. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu secara aksidental sampling di mana di lakukan dengan mengambil kasus atau membagikan kuesioner terhadap responden yang kebetulan ada atau tersedia pada bulan ....................

Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan rumus (Notoatmodjo,2003) dengan derajat kepercayaan 90% dan derajat kesalahan 10%.
n = N
1 + N ( d
x d )

Keterangan

n : besar sampel

N : besar populasi

d : tingkat kepercayaan atau tingkat kesalahan

3.1 Instrumen Penelitian

Teknik pengumpulan data yaitu data primer yang bersifat kuantitatif yaitu di lakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk pilihan ganda, daftar pertanyaan yang di pandang dari cara menjawab dalam bentuk tertutup. Hal ini di maksudkan agar memperrmudah pengisian bagi responden pada waktu penelitian. Daftar pertanyaan di buat berdasarkan indikator-indikator yang di gunakan untuk mengukur variable dalam penelitian ini. Sehingga dapat memberikan informasi secara menyeluruh terhadap keadaan responden yang ada di Puskesmas Cianjur.

3.2 Pengolahan Data

Pengolahan data dilakukan dengan tehnik komputer kemudian dimasukkan kedalam tabel :

1. Memeriksa Data (Editing)

Editing adalah langkah atau kegiatan yang dilakukan dengan maksud memeriksa data, menghindari yang salah dari data yang telah dikumpulkan, serta memperjelas data yang diperoleh.

2. Memberi Kode (koding)

Koding adalah kegiatan mengkalifikasikan data menurut kategori dan jenisnya masing-masing untuk memudahkan dalam pengolahan data maka setiap kategori diberi kode.

3. Memasukan Data (Entry Data)

Entry Data adalah kegiatan memasukan data sesuai dengan variable-variabel yang telah ada.

4. Menyusun Data (Tabulating)

Tabulating adalah kegiatan untuk meringkas data yang diperoleh kedalam tabel-tabel yang telah dipersiapkan. Data yang diperoleh kemudian dikelompokkan dan diproses dengan menggunakan tabel tertentu menurut sifat dan kategorinya (Purwanto, 1995).

3.6 Analisis Data

Dalam analisis data, peneliti menggunakan analisis univariat yang menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil kuisioner pada ..................................................... di puskesmas ............ Kabupaten ............ Tahun ........................... (Suharsimi,Arikunto, 2003).

3.7 Uji validitas dan Uji Reliabilitas

Uji coba terhadap alat ukur dimaksudkan untuk memperoleh kesesuaian pertanyaan yang terdapat pada alat ukur dalam menunjang kriteria yang di harapkan dari penelitian. Tujuan uji coba ini adalah untuk mengetahui apakah instrumen yang di siapkan benar-benar mengukur hal yang ingin di ukur (Validitas). Selain itu untuk mengetahui keterandalan hasil pengukuran atau pengukuran relatif konsisten jika di lakukan beberapa kali (Reliabilitas) (Nurgiyantoro, 2000).

Reliabilitas adalah indeks yang menunjukan sejauh mana suatu alat pengukur dapat di percaya dan di andalkan (Notoatmodjo, 2005).

3.7.1 Validitas

Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukan tingkat-tingkat kevalidan atau kesahihan suatu instrumen yang valid atau sahih mempunyai validitas tinggi, sebaliknya instrumen yang kurang valid berarti memiliki validitas rendah. Untuk memperoleh instrumen yang valid peneliti melakukan langkah-langkah penyusunan instrumen yakni memecah variabel menjadi subvariabel dan merumuskannya dalam butir-butir pertanyaan. Validitas di capai dengan menyesuaikan antara bagian-bagian instrumen dengan instrumen secara keseluruhan dan setiap instrumen mendukung tujuan instrumen secara keseluruhan yaitu dapat mengungkap data dari variable yang di maksud (Arikonto, 2002).

3.7.2 Reliabilitas

Reliabilitas menunjukan pada suatu pengertian bahwa suatu instrument cukup dapat di percaya untuk dapat di gunakan sebagai alat pengumpul data karena instrumen tersebut sudah baik. Instrumen yang reliabel mengandung makna bahwa instrumen tersebut cukup baik sehingga mampu mengungkap data yang bisa di percaya. Uji reliabilitas pada penelitian ini mengungkapkan rumus Koefisien Reliabilitas Kuder-Richardson (KR-20).

Teknik perhitungan koefisien reliabilitas yang di gunakan di sini adalah dengan menggunakan Koefisien Reliabilitas Kuder-Richardson (KR-20), metode ini merupakan koefiisien reliabilitas yang dapat menggambarkan variasi dari item-item untuk jawaban bener/salah yang diberi skor 0 atau 1 (Guilford and Benjamin,1978)

3.8 Langkah Penelitian

3.8.1 Persiapan

a. Menentukan judul penelitian,

b. Studi pendahuluan,

c. Membuat proposal penelitian,

d. Membuat kuisioner.

3.8.2 Pelaksanaan

Meminta izin penelitian dan melakukan penelitian.

3.8.3 Pengolahan Data

Mengumpulkan hasil penelitian dan mengolah data dengan cara yang telah di tentukan.

3.8.4 Penyajian Data

Menyajikan data dalam tabel bentuk perhitungan.

3.9 Tempat dan waktu penelitian

3.9.1 Tempat Penelitian

Tempat penelitian di lakukan di Puskesmas .............. Kabupaten ...................

3.9.2 Waktu Penelitian

Waktu penelitian di mulai bulan ............... Tahun ...........................


DAFTAR PUSTAKA

1. Wiknjosastro, Hanifa, 2002, Ilmu Kebidanan, Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

2. Sugiyono, 2001, Metode Penelitian Bisnis Penulis, Bandung: Alfabeta.

3. Notoatmodjo, S, 2003, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta.

4. Nugiyantoro, Barhan, 2000, Statistik Terapan. Yogyakarta:Gajah Mada University Press.

5. Purwanto,H, 1995, Pengantar Statistik Keperawatan, Jakarta: EGC.


Mudah-mudahan bermanfaat. (amin)

0 comments: