Sabtu, 16 Juli 2011

GAMBARAN PENGETAHUAN TENAGA KESEHATAN TENTANG PROGRAM MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT

GAMBARAN PENGETAHUAN TENAGA KESEHATAN TENTANG PROGRAM MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT
DI PUSKESMAS CICALENGKA DTP PERIODE
BULAN JUNI SAMPAI DENGAN
BULAN AGUSTUS ....

ABSTRAK

5 Bab + 80 Halaman + 30 Tabel + 1 Diagram + 5 Lampiran
Penyebab utama AKBA adalah pneumonia, diare, dan infeksi seperti Campak dan Malnutrisi sedangkan penyebab utama AKB adalah komplikasi BBLR, Asfiksia dan Infeksi (DEPKES RI dan WHO, 2003). Pelaksanaannya MTBS bertujuan menurunkan secara signifikan angka kesakitan dan kematian umum yang terkait dengan penyebab utama penyakit pada balita melalui peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Puskesmas Cicalengka DTP memiliki  tenaga  kesehatan yang terdiri dari 13 orang bidan, 17 orang perawat dan hanya ada 3 orang yang telah mengikuti pelatihan MTBS yang terdiri dari 2 orang bidan, dan perawat 1 orang perawat. Hasil pelatihan yang telah mereka alami disosialisasikan kepada tenaga kesehatan lainnya namun masih belum efektif dilaksanakan sehingga perilaku pengisian format MTBS belum optimal.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan tenaga kesehatan tentang Program Manajemen Terpadu Balita Sakit di Puskesmas Cicalengka DTP Periode Bulan Juni sampai dengan Bulan Agustus 2008.
Metode penelitian menggunakan deskriptif. Populasi yang akan digunakan pada penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan yang berada di Puskesmas Cicalengka DTP Kabupaten Bandung tahun 2008 sebanyak 30 tenaga kesehatan pengambilan sampel menggunakan total sampling.
Hasil penelitian menjelaskan hampir seluruh responden mempunyai pengetahuan sangat baik tentang pengertian, sebagian besar responden mempunyai pengetahuan sangat baik tentang manfaat dan alat-alat MTBS, sebagian responden mempunyai pengetahuan sangat baik tentang pengisian format, menilai dan pelayanan program MTBS, sebagian kecil berpengetahuan sangat baik tentang obat-obatan dan sangat sedikit responden mempunyai pengetahuan tentang penilaian. 
Dengan didapatkannya hasil penelitian diharapkan pada pihak puskesmas untuk memberikan pengetahuan yang lebih tentang MTBS sehingga petugas kesehatan akan lebih memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat tentang MTBS.

Kata Kunci      : Pengetahuan Tenaga Kesehatan Tentang MTBS
Daftat Pustaka            : 20 (1994 - 2007 )

0 comments: